Fii Hirrotin (Karena Kucing), Tag Kucing Tengil

Buwel lagi teringat saja dengan kata "Fii Hirrotin" ini, kata yang pernah buwel temui sewaktu ngikutan Madrasah diniyyah dulu. Saat itu sang Ustadz lagi menjelaskan kitab Jurumiyyah di pasal tentang isim yang memiliki ciri bisa dimasuki khafadh, tanwin, dan alif lam(bagian awal jurumiyyah).

Nah Disitu khan di jelaskan diantara huruf khofadh(jar) yang sepuluh itu terdapat juga Fii.Sang Ustadz menjelaskan bahwa yang namanya Fii itu biasanya berarti di dalam, seperti contoh fil bayti ataupun fil masjidi yang berarti di dalam rumah atau di dalam masjid. Namun ada fii yang bermakana 'karena' seperti pada lafal Fii Hirotin ini yang berarti karena kucing.

Kalau nggak salah, seperti yang buwel contek di situs internet itu susunan lengkap kalimatnya seperti ini:

“ ‘Udzdzibat imroatu fi hirrotin habasat-haa hatta maatat juu’an fadakholat fiihaan-Naaro “ ,
(Seorang perempuan disiksa karena kucing, ia mengurungnya sampai mati karena lapar, maka ia masuk neraka karenanya )

Namun, Maaf karena buwel bukan pakar tentang nahwu ataupun ilmu hadits tersebut, buwel nggak tega bila rangkaian kalimat indah diatas bisa 'rusak' susunannya karena penjelasannya buwel. :-(
Buwel menampilkan kata Fii Hirrotin tersebut sebagai mukaddimah saja untuk ngerjakan tag dari si kucing tengil, takut ajah kalo tag ini 'di kurung' lama lama bisa berbahaya, ... hehehehe...

Tagnya di suruh menyebutkan buku2 yang buwel baca dan buwel suka.
Jadi langsung saja buwel menjawabnya.

Hmmm, namun Sebelumnya buwel agak 'minder' juga untuk menyebutkan buku2 atau kitab kalo buwel menyebutnya, takut ajah buku atau kitab buwel ini masuk 'underground'(jarang dikenal)... heheheh, Jadi buwel sebutkan saja buku2 yang mungkin agak di kenal, dan nggak papa yak kalo cuman dua...

~ Sahovsky ( Chess Informant, 2001)
Buku yang agak nggak penting menurut orang2 yang nggak suka catur, di dalamnya berisi partai2 catur yang terjadi di segala tournament dunia yang diadakan FIDE ataupun PCA. Dan dibahas lengkap oleh ahli2 (GM) catur Dunia, Hampir semua ECO (Encyclopedy chess of Opening) populer di bahas disini. sangat menyita waktu untuk dipelajari, meski begitu mengasyikkan dan bikin pusing. Membaca ini berarti sekaligus mennggelar papan catur dan memainkannya supaya lebih paham.

~ Trilogi The Condor of Heroes
sin tiauw hiap lu kalo nggak salah bahasa mandarinnya. Trilogi yang seru menurut buwel. Di Buku pertama (Legend of condor heroes) menampilkan kisah tokoh Kwee Ceng dan Oey Yong, Di buku kedua( Return Of The Condor Heroes) Yo Ko dan Bibi Lung dan di buku ketiga (To Liong To) ada Thio Bu Kie dan Thio Beng. Buku2 Yang jadul dan klassik, kisahnya juga klassik. Buwel bacanya juga sudah lama sekali, Hmmm kira2 kelas 5 Sd. Waktu buwel sering bermain di persewaan komik. :-).
Kisah2 yang ditampilkan sangat menarik dan penuh nasihat2 meski berbentuk komik.

Dan sebenernya masih banyak buku2 lainnya yang buwel suka, diantaranya seperti buku2nya Motinggo busye, Abdullah Harahap, Bastian Tito, Fredy S, Mira W, Nh Dini, Sh Mintardja, dsb.
Cuman karena mbaca buku2 tersebut sudah lama, dan jadi lupa judulnya, jadi ya yang buwel sebutkan cuman dua saja. Moga tak apa apa. :-)

Dan Terakhir sekalian majang awardnya Brother Abi sabila




Thanks Dan Salam....

Postingan terkait:

Ditulis Oleh : ali afif ~ Ali Afif Hora Keren

Tulisan Fii Hirrotin (Karena Kucing), Tag Kucing Tengil ini diposting oleh ali afif pada hari Jumat, 12 Februari 2010. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca Tulisan ini di Blog Ali Afif, Bukan Blogger terbaik Indonesia ataupun Legenda Blogger Tegal, Blogger keren ya Bukan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: support to buwel ! ::

Loading...
Comments
50 Comments